Obat Usus Buntu Daun Sambilito

Daun sambiloto bisa anda gunakan sebagai obat usus buntu tradisional yang mujarab, caranya ambilah daun sambiloto 30 gram, 400 ml air, dan 1 sdm madu setelah itu anda rebus ramuan tersebut , Karena tidak banyak orang yang tahu mengenai khasiat daun sambiloto ini yang ternyata bisa mengobati banyak penyakit dan salah satunya adalah mengobati penyakit usus buntu.

Sambiloto atau yang mempunyai nama latin Andrographis Paniculata Ness merupakan tanaman herbal yang mempunyai banyak sekali manfaat . Karena selain di indonesia sambiloto ini cukup terkenal di negara asia lainya seperti cina, india, dan thailand yang telah menggunakan tanaman ini selama berabad-abad untuk pengobatan.

Cara Mengobati Usus Buntu Dengan Menggunakan Daun Sambiloto 

Pengobatan usus buntu umumnya memang dilakukan dengan cara operasi, hal ini dilakukan bertujuan untuk mencegah sumbatan pada usus buntu yang di akibatkan oleh bakteri dan virus yang ada didalamnya yang mungkin meng infeksi dan membusuk pada usus yang bisa mengakibatkan penderita bertambah parah bahkan menjadikan rasa sakit luar biasa yang tidak sedikit berujung pada kematian.

Untuk itu jangan pernah anggap sepele , jika anda menderita penyakit usus buntu, Untuk anda yang mengidap usus buntu masih tergolong ringan bisa melakukan pengobatan dengan cara alternatif yaitu dengan menggunakan obat-obatan herbal yang alami, salah satunya dengan menggunakan daun sambiloto yang telah dijelaskan .

Obat Usus Buntu Tradisional

Daun sambiloto mengandung senyawa yang bernama andrographolide, memang daun ini terasa pahit, tetapi manfaatnya begitu besar. Berdasarkan penelitian senyawa Andrographolide pada daun sambiloto mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. Sambiloto juga memiliki manfaat sebagai agen pembunuh bakteri, obat penghilang rasa sakit, dan penurun demam. Sambiloto bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah sel darah termasuk sel darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Andrographolide juga berperan besar dalam menurunkan enzim CDK4 sehingga dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

Bersumber dari: Daun Sambiloto – Khasiat, Manfaat, Cara Penyajian | Mediskus.com

Cara Penggunaaan Daun Sambiloto

Ambil daun sambiloto segar sebanyak satu genggam (30 gram) ditumbuk rata kemudian ditambahkan air matang setengah cangkir (110 mL), saring kemudian minum sekaligus. Alternatif lain bisa juga dengan menumbuk 20 helai daun sambiloto segar dan peras agar airnya keluar, Minum bersama madu agar tidak terasa pahit .

Perhatian !!! Ramuan obat daun sambiloto memang sangat bagus khasiatnya dan aman jika diminum dengan tepat dan jangka pendek, baik pada dewasa maupun anak-anak. Namun demikian, dapat menyebabkan efek samping seperti kehilangan nafsu makan, diare, muntah, ruam, sakit kepala, dan kelelahan. Untuk itu jika memang penyakit yang anda rasakan tidak kunjung sembuh setelah konsumsi daun sambiloto ini sebaiknya kurangi konsumsinya agar tidak terlalu berlebihan. Karena bila di konsumsi dengan dosis yang tidak tepat daun sambiloto juga dapat menyebabkan efek samping.

Berikut Efek Samping Jika Anda Terlalu Banyak Dosis Konsumsi Daun Sambiloto !

1.Bayi dan anak-anak: sambiloto aman untuk anak-anak ketika diminum dalam jangka pendek kurang dari satu bulan dengan kombinasi herbal lain.
2.Kehamilan dan menyusui:sambiloto mungkin tidak aman ketika diminum selama kehamilan. Ada kekhawatiran dapat menyebabkan keguguran. Tidak cukup diketahui tentang keamanan sambiloto selama menyusui. Tetapi untuk keamanan disarankan untuk tidak mengkonsumsinya terlebih dahulu.
3.Masalah kesuburan: Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa sambiloto dapat mengganggu reproduksi, tetapi hal ini belum terbukti pada manusia. Namun demikian, jika Anda mengalami kesulitan hamil, sebaiknya tidak menggunakan sambiloto.
4.Penyakit autoimun: sambiloto dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih aktif, dan ini bisa meningkatkan gejala penyakit auto-imun. Jika memiliki penyakit multiple sclerosis (MS), lupus (systemic lupus erythematosus, SLE), rheumatoid arthritis (RA), atau kondisi lain yang berhubungan dengan penyakit autoimun disarankan untuk tidak mengkonsumsi terlebih dahulu.
5.Pendarahan: sambiloto bisa memperlambat pembekuan darah. Hal ini dapat meningkatkan risiko perdarahan atau memar pada orang dengan gangguan perdarahan.
6.Tekanan darah rendah: Penelitian menunjukkan bahwa sambiloto dapat menurunkan tekanan darah, sehingga penderita tekanan darah rendah atau hipotensi disarankan untuk tidak mengkonsumsinya

Dosis Yang Aman Untuk Penggunaaan Sambiloto :

Dewasa : Dosis sambiloto relatif bervariasi hingga mencapai 1.200 mg. Dosis sambiloto untuk orang dewasa adalah 40 mg per hari .

Anak Anak : Dosis untuk anak-anak dengan gangguan sistem pernafasan bagian atas sekitar 30 mg selama maksimal 10 hari.

Itulah khasiat dari daun sambiloto yang bisa membantu anda sembuh dari penyakit usus buntu, bagi anda yang sedang mengalami sakit usus buntu bisa memilih ramuan ini untuk dijadikan sebagai Obat Usus Buntu Tradisional .

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa Like dan Share !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar